Makin betah di Rina Guest House Balikpapan

me | Tuesday, May 06, 2014 |
gambar diambil dari sini



Walaupun masih tergolong pendatang baru didunia per"guesthouse-an", keberadaan Rina Guest House di Balikpapan a.k.a. RGH alhamdulillah tidak sepi pengunjung. Dalam 2 bulan ini kami mencatat sudah lebih 20 tamu yang datang dan menginap RGH.  Kamipun menyambut antusias setiap tamu kami dan melayani mereka sebaik mungkin, membuat mereka merasa nyaman tinggal dirumah kami.

Konsep RGH
RGH ini tidak seperti guesthouse kebanyakan yang ada baik di Balikpapan ataupun kota-kota lainnya di Indonesia, yaitu seperti mini hotel dengan pelayanan standar hotel umumnya. Konsep RGH sendiri adalah benar-benar seperti rumah, dimana ketika anda berada dirumah kami anda merasa seperti berada dirumah sendiri. Kami tidak menawarkan banyak hal seperti yang mungkin anda harapkan seperti di hotel-hotel atau guesthouse lainnya, karena RGH ini adalah rumah tinggal kami sendiri,  kami tinggal bersama para tamu kami yang datang dan kami menjamu para tamu seperti layaknya keluarga kami sendiri yang datang mengunjungi kami.
RGH hanya memiliki 4 kamar mungil tapi spesial (foto-fotonya bisa dilihat di sini) yang kami desain senyaman mungkin, dengan ruang makan dan dapur minimalis yang membuat anda leluasa untuk sarapan atau memasak masakan kesukaan anda. Oiya.. untuk sarapan, kami menyiapkan menu-menu spesial ala rumahan untuk para tamu kami yang menginap (harian/mingguan).

Para tamu RGH
Meskipun lokasi RGH terletak agak jauh dari jalan raya, tapi kami tak berputus asa untuk mempromosikan RGH baik ke teman-teman, saudara, relasi kerja dan juga promo di media internet. Alhamdulillah promo-promo yang kami buat lumayan membuahkan hasil. Kami meyakini ada kekurangan pasti ada kelebihan. Walaupun lokasi kami masuk di dalam komplek perumahan, tapi kami menawarkan kamar yang nyaman, suasana yang tenang seperti di villa dan pemandangan yang indah nan sejuk. Selain itu juga ada menu-menu sarapan yang lezat yang dibuat langsung oleh saya sang empunya rumah.
Sepanjang dua bulan sejak pertama kali kami soft launching kami telah kedatangan tamu dari berbagai kota di Indonesia bahkan dari luar negeri yaitu dari Frankfurt Jerman. Testimoninya ada disini. Tamu RGH sendiri berasal dari berbagai kalangan, ada yg pebisnis, anak kuliahan, traveller, dan juga keluarga. 
Kedatangan tamu dari berbagai kalangan membuat kami sangat senang, karena rasanya seperti dikunjungi oleh keluarga dari tempat nun jauh disana. Istimewanya RGH adalah kami menyambut gembira dan menjamu para tamu layaknya keluarga kami sendiri. 
Sedikit cerita tentang Pengalaman berkesan kami dalam menjamu tamu keluarga yang datang ke RGH pada akhir April lalu, yaitu satu rombongan keluarga dari Tarakan Kaltim yang berlibur ke Balikpapan. Mbak Ana dan keluarga berlibur ke Balikpapan dengan suami, anak-anak dan adik-adiknya. Tak tanggung-tanggung 3 kamar dirumah kami disewa selama 5 hari. Suasana kekeluargaan yang kami bangun membuat mereka betah berlama-lama dirumah kami (yang awalnya hanya ingin menginap 2 hari), kamipun membebaskan tamu kami untuk memasak di dapur kami yang cantik. Peralatan memasak kami sediakan, tinggal mereka membeli bahan-bahan untuk memasak. Ini jauh lebih murah jika dibanding anda menginap dihotel dan setiap makan siang dan makan malam anda makan direstoran. Sudah habis berapa? 

Menu sarapan istimewa
Untuk anda yang menginap (harian/mingguan) di RGH, ada satu yang spesial yang bisa anda dapatkan disini dan tidak ada (hampir rata-rata) di guesthouse lainnya di Balikpapan yaitu breakfast atau sarapan.  Di RGH, kami menyediakan sarapan untuk para tamu kami yang menginap. Menunya bervariasi setiap harinya, dari nasi goreng oriental, mie goreng jawa, bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, roti bakar dan jika anda beruntung (waktu-waktu tertentu) anda juga bisa menikmati menu spesial dari kami yaitu Fussili Baked with Mozarella Cheese.  

Memuliakan tamu.
Mungkin timbul pertanyaan dibenak anda, apa gak rugi RGH menyediakan sarapan tersebut untuk para tamu sedangkan harga menginap di RGH cuma Rp.200.000/malam (include handuk, sabun, shampoo, free air mineral, kopi dan teh)? Belum bahannya, belum masaknya? hehehe... bagi kami memuliakan tamu adalah yang utama, setiap tamu yang datang kerumah kami adalah spesial, dan hatipun ikhlas menjamu mereka dengan sebaik mungkin. Usaha kami tidak melulu provit oriented, menjaga hubungan baik adalah yang terpenting. Jika anda merasa nyaman ditempat kami, kami yakin anda pasti akan kembali kesini atau paling tidak anda akan promosikan ke teman-teman dan saudara anda :)

Perpustakaan Mini
Seiring perjalanan pembenahan RGH menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, kami memandang bahwa ada yang perlu ditambah di RGH ini. Apa ya..??? Kami melirik koleksi-koleksi buku dan majalah yang menumpuk di kardus. Idepun muncul untuk membuat semacam perpustakaan mini dirumah, siapapun boleh membacanya termasuk para tamu RGH. Koleksi buku, novel, majalah dan jurnal kami memang belum lengkap, karena merupakan koleksi pribadi pemilik rumah, tapi kami yakin ini akan menjadi daya tarik tersendiri dan semakin membuat betah para tamu yang datang menginap.

So.... untuk anda yang ingin merasakan atmosphere yang berbeda menginap di Balikpapan, mampir dan menginaplah dirumah kami, Rina Guest House Balikpapan. Kami tunggu kedatangannya :)


Koleksi foto2 menu hasil karya pemilik RGH:
bubur ayam salah 1 menu sarapan di RGH

ngerujak bareng dengan keluarga tamu RGH


yang spesial di RGH, Fussili Baked with Mozzarella Cheese












No comments:

Post a Comment